5 Mitos Kecantikan yang Tak Perlu Dipercaya

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:33 WIB
5 Mitos Kecantikan yang Tak Perlu Dipercaya
5 Mitos Kecantikan yang Tak Perlu Dipercaya
A A A
JAKARTA - Ritual kecantikan hadir dengan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Namun, beberapa aturan tersebut tidak lebih dari sekedar mitos dan mempercayai mitos tidak akan memberikan hasil yang baik pada kulit Anda. Apalagi, saran kecantikan yang diberikan dari lingkungan sekitar, seperti dari ibu bahkan nenek terbilang beragam.

Baik itu tentang pengobatan rumahan atau produk kecantikan, idealnya untuk mengetahui faktanya terlebih dahulu, bukan percaya begitu saja. Pasalnya, alih-alih menggunakannya begitu saja justru dapat merusak kondisi kulit. Pada dasarnya setiap wanita membutuhkan tips kecantikan yang tepat. Berikut adalah beberapa mitos kecantikan umum yang tidak perlu dipercaya seperti dikutip dari Pinkvilla.

1. Kita sering diberitahu bahwa orang dengan kulit berminyak tidak perlu pelembab karena kulit sudah berminyak dan memiliki kelembaban yang cukup tetapi itu tidak benar. Bahkan kulit berminyak membutuhkan pelembab karena sering menebus kelembaban dan minyak yang terkelupas kulit ketika mencuci dan membersihkan wajah. Selain itu juga melindungi kulit dari polusi, kotoran, kuman dan bakteri dapat berdampak langsung pada kulit dan pori-pori Anda jika tidak ada lapisan di atasnya.

2. Obat rumahan adalah yang terbaik. Padahal pernyataan itu benar tetapi tidak sepenuhnya. Terkadang ramuan obat rumah yang salah dapat berdampak negatif pada kulit. Obat rumahan tidak sepenuhnya tidak berbahaya. Obat rumahan bebas bahan kimia, tetapi penting untuk dilengkapi pengetahuan tentang mencampur bahan-bahan dengan tepat untuk kebutuhan kecantikan Anda dan jika Anda tidak memiliki pengetahuan itu. Penting juga untuk berhati-hati dengan bahan dan memastikan bahwa Anda tidak menggunakan apa pun yang dapat mengiritasi kulit atau memicu alergi. Selalu lakukan tes tambalan sebelum Anda menggunakan obat rumah.

3. Mencuci wajah beberapa kali dalam sehari dapat membantu menjaga kulit bersih. Mencuci wajah secara teratur itu penting, tetapi jika Anda mencuci wajah terlalu sering meskipun hanya dengan air biasa, bisa menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuat kulit kering, teriritasi, dan dehidrasi. Hindari melakukan ini, dan sebagai gantinya, cuci muka, dua hingga tiga kali sehari dengan air dingin dan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

4. Anda mungkin tidak memerlukan tabir surya pada malam hari tetapi di siang hari bahkan jika tidak ada matahari, ada cahaya alami dan sinar UV yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Ini berarti bahwa sinar UV ini akan merusak kulit Anda, matahari atau tidak ada matahari.

5. Anda perlu melakukan eksfoliasi lebih keras untuk mendapatkan hasil terbaik. Itu tidak benar. Jika kulit tidak lembut menggunakan exfoliator dan menggosoknya lebih keras secara agresif, itu bisa membuat kulit teriritasi dan mungkin bahkan memar.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6055 seconds (0.1#10.140)